Identifikasi Prioritas Anak terhadap Indikator Kinerja Taman Bermain Layak Anak di Kota Surakarta

Nastiti Purnama Sari, Desiree Marlyn Kipuw

Abstract

Melalui kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak, pemenuhan hak bermain anak diharapkan dapat terwujud, salah satunya dengan menyediakan taman bermain yang layak anak. Kota Surakarta terpilih sebagai salah satu model pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak di Indonesia pada tahun 2006. Dukungan pemerintah Kota Surakarta dalam pemenuhan hak bermain anak dibuktikan dengan membangun Taman Anak Cerdas sebagai tempat bermain, belajar, dan berkreativitas. Selain dukungan pemerintah, dalam mewujudkan Taman Anak Cerdas sebagai tempat bermain anak, juga membutuhkan dukungan masyarakat, termasuk anak-anak, sebagai pengguna fasilitas Taman Bermain. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan prioritas indikator kinerja taman bermain layak anak berdasarkan persepsi anak di Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taman bermain dengan fasilitas beragam; lingkungan aman, bersih, dan sehat; serta lokasi taman yang terjangkau menjadi prioritas teratas bagi anak.

Keywords

indikator kinerja prioritas, Kabupaten/Kota Layak Anak, persepsi anak, Taman Anak Cerdas, taman bermain layak anak

Full Text:

PDF

References

Alodia, Callista dan Agus Karya. 2014. Sarana Bermain Edukatif dengan Penerapan Prinsip Pengenalan Waktu bagi Anak-anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain (1):1-8. http://jurnal-s1.fsrd.itb.ac.id/index.php/product/article/ download/275/243. 7 Maret 2018.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 2010. Cetakan Kelimabelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik Kota Surakarta. 2017. Kota Surakarta dalam Angka 2017. Surakarta: BPS Kota Surakarta. https://surakartakota.bps.go.id/publication/2017/08/16/c70e0b4 680351cc99 240cbfa/kota-surakarta-dalam-angka-2017.html. 17 Mei 2018.

Hadi, Sutrisno. 2016. Metodologi Riset. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joga, Nirwono dan Yori Antar. 2007. Komedi Lenong Satire Ruang Terbuka Hijau. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Patilima, Hamid, Marini Widowati, dan Riela Provi Drianda. 2014. Visi Kabupaten Kota Layak Anak. Pena Nusantara.

Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2011. Indikator Kabupaten/Kota Layak Anak. 23 Desember 2011. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 169. Jakarta. http://www.kla.id/wp-content/uploads/2017/05/permen-12-thn-2011-indikator-KLA.pdf. 16 September 2017.

Peraturan Walikota Surakarta Nomor 6 Tahun 2008. Petunjuk Pelaksanaan Taman Anak Cerdas (TAC) Kota Surakarta. 1 Juli 2008. Berita Daerah Kota Surakarta Tahun 2008 Nomor 11. Surakarta.

Pontoh, Nia K., Delik Hudalah, Petrus N. Indradjati, dan Dimitra Viantari. 2013. Dasar-Dasar Survei untuk Perencanaan Wilayah dan Kota. Cetakan Pertama. Bandung: Penerbit ITB.

Pramudya, YB Willy. 2017. Kemen-PPPA: Hingga HAN 2017, Belum Ada Satu pun Kabupaten/Kota Layak Anak. http://wartakota.tribunnews.com/2017/07/23/kemen-pppa-hingga-han-2017-indonesia-belum-punya-satu-pun-kabupatenkota-yang-layak-anak. 19 Mei 2018.

Samonsky, Ella. 2007. Space to Play in Beyoglu, Istanbul. Thesis. Cincinnati: School of Planning, College of Design, Architecture, Art, and Planning, University of Cincinnati. https://etd.ohiolink.edu/pg_10?0::NO:10:P10_ACCESSION_NUM:ucin1179503001.9 Mei 2018.

Sari, Maylinda Permata. 2011. Identifikasi Kebutuhan Taman Bermain Publik di Permukiman Padat Perkotan Sebagai Tempat Bermain Anak-Anak. Tesis. Bandung: Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabeta.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Literasi Media Publishing. http://stikesstrada.ac.id/omp/ index.php/ebook/catalog/view/3/3/10-1. 23 Juni 2018.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan Kedelapan. Bandung: Alfabeta.

Utami, Rina. 2014. Taman Cerdas sebagai Simbolisasi Kota Layak Anak di Kota Surakarta (Studi Kasus di Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. SOSIALITAS: Jurnal Imiah Pendidikan Sosiologi-Antropologi 4(1). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/4032. 13 Desember 2017.

UNICEF. 2004. Building Child Friendly Cities: A Framework for Action. Florence: UNICEF Innocenti Research Centre. https://www.unicef-irc.org/publications/pdf/cfc-framework-eng.pdf. 31 Januari 2018.