Kajian Pengambilan Keputusan Desain dalam Perancangan Rumah Tinggal

Wanda Yovita

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui atribut desain yang paling mempengaruhi keputusan penghuni dalam desain bangunan rumah tinggal. Atribut desain yang ditawarkan kepada responden adalah posisi atau layout ruang, jumlah ruangan, luas ruangan, tampak bangunan, material, fitur utilitas hingga gaya bangunan. Penelitian ini didasari oleh banyaknya wariabel desain pada rumah tinggal. Kabupaten Bekasi merupakan wilayah yang memiliki banyak jumlah perumahan massal yang diproduksi oleh pengembang. Pilihan dalam atribut desain tidak menjadi keutamaan karena kebutuhan terhadap lokasi dan harga menjadi prioritas utama. Penelitian ini melihat preferensi masyarakat khususnya Kabupaten Bekasi terhadap atribut desain. Survei berupa sebaran kuesioner dilakukan terhadap 150 masyarakat yang tersebar di Kabupaten Bekasi. Metode analisis yang dilakukan adalah distribusi frekuensi kelompok mesyarakat tertentu di wilayah yang sama terhadap atribut desain. Berdasarkan informasi yang diperoleh, ditemukan bahwa masyarakat lebih mengutamakan posisi atau layout ruang tertentu dibandingkan jumlah ruangan, luas ruangan dan lain-lain. Penelitian ini selanjutnya dapat dikembangkan untuk memperkaya pengetahuan desain rumah tinggal yang inovatif dari desain dan tetap mempertahankan anggaran. Secara keilmuan, penelitian ini memberikan sumbangan terhadap pengkayaan keilmuan penyediaan perumahan, sedangkan dari sisi praksis, penelitian ini diharapkan akan memberikan pengetahuan solusi alternatif penyediaan perumahan yang tepat sasaran.

Keywords

preferensi, atribut desain, arsitektur, rumah tinggal

Full Text:

PDF

References

Zavei, Sayyed. and Jusan, Mahmud. 2012. Exploring Housing Attributes Selection based on Maslow’s Hierarchy of Needs. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 42, 311 – 319.

Bourne, L. S. (1978), Internal Structure of The City – Reading on Space and Envirement, Oxford.

Budihardjo. (1998), Sejumlah Masalah Permukiman Kota, Bandung: Alumni.

Sugiyono. (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit CV Alfabeta, Bandung.

E. Hofman, J.I.M. Halman. 2006. Variation in Housing Design: Identifying Customer Preferences. Housing Studies 21(6):931-945.

Jansen, Sylvia J.T (Ed.) (2011); The Measurement and Analysis of Housing Preference and Choice, Springer Science+Business Media B.V, New York