Kopiah/Peci sebagai Salah Satu Atribut Identitas Bangsa Indonesia

Dody Hadiwijaya

Abstract

Kopiah/peci sebagai bagian atribut busana kaum pria di Indonesia yang cukup populer, berkembang sebagai atribut busana resmi di kalangan pemerintah dan atribut busana keseharian masyarakat Indonesia yang puncaknya terjadi pada pertengahan abad ke-20. Kopiah/peci disepakati secara sosial sebagai salah satu atribut yang identik dengan bangsa Indonesia, meskipun asal usulnya bukanlah berasal dari kebudayaan Indonesia asli. Penelitian ini bertujuan mengungkap alasan kopiah/peci dapat diterima sebagai atribut busana yang identik dengan identitas bangsa Indonesia, penelitian dilakukan dengan metode kualitatif melalui pendekatan latar belakang sejarah dan perkembangan desain kopiah/peci yang bertransformasi mengikuti perubahan zaman dan menjadi sangat beragam di setiap daerah Indonesia. Layaknya atribut pelengkap berbusana, kopiah/peci juga mengalami pergeseran nilai dan fungsi dalam penggunaannya di masyarakat, hal tersebut tidak terlepas dari dinamika pergeseran mode/fashion yang terus terjadi. Menurut sebagian orang, cara pakai kopiah/peci dapat menjadi indikator sifat pribadi bersangkutan, mirip dengan cara berpakaian yang dapat menunjukan sifat dan status pemakainya. Konsep dasar dari desain kopiah/peci berbentuk oval dan berwarna hitam dengan tampilan yang sederhana, merupakan hasil pengembangan orang Indonesia dan mencerminkan pada budaya bangsa Indonesia yang rendah hati.

Keywords

Kopiah/peci, Identitas bangsa, Perkembangan desain, Atribut busana, Budaya

Full Text:

PDF

References

Anderson, Ben. (1991). Imagined Communities, (cetakan kedua dengan bab-bab baru), dalam Martin Slama, Kacamataku dan kacamatamu: Menguji teori secara pragmatis, www.kunci.or.id.

Hogg, Michael A. & Abrams, Chapman (1988). Social identifications: a social psychology of intergroup relations and group processes. New York: Routledge, dikutip oleh RR. Ardiningtiyas Pitaloka, S.Psi.www.e-psikologi.com.

Group Identity and Nation Identity. Paper presented at conference of European Sociobiological Society, Moscow: 1998.

Alfian, Erwin. (1996). Aplikasi Logo.Bandung: Rata Wibawa, STSI.

www.ensiklopedi/tokohindonesia.com