KULIT JAGUNG UNTUK PEMBUATAN KERTAS KEMASAN DENGAN PROSES HIDROTERMAL DENGAN METODE SODA

Rachmawati Apriani, Nurul Ajeng Susilo, Frans Ferdinand, Iyas Majita, Early Mahardhika, Erlita Kusuma Wardhan, Alby Venrian

Abstract

Kulit jagung (Zea mays ssp. mays) merupakan bagian tanaman yang melindungi biji jagung. Limbah kulit jagung sudah digunakan sebagai pakan ternak oleh masyarakat, akan tetapi pemanfaatannya belum maksimal. Limbah tersebut masih memiliki nilai ekonomis yang rendah dan dapat menimbulkan pencemaran lingkungan saat dibakar. Kulit jagung memiliki kandungan serat selulosa yang tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kertas. Penelitian ini bertujuan mencari alternatif bahan baku non kayu untuk kertas kemasan. Kemasan kertas merupakan kemasan fleksibel yang pertama sebelum ditemukannya plastik dan aluminium foil. Hingga saat ini, kemasan kertas masih banyak digunakan dan mampu bersaing dengan kemasan lain seperti plastik dan logam karena harganya murah, mudah diperoleh dan penggunaannya yang luas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan proses penetrasi larutan pemasak ke chip dengan proses pretreatment hidrotermal atau tidak sebelum proses pembuatan pulp melalui proses pemasakan dengan soda panas, untuk mengetahui properties strength berupa kekuatan Tarik, kekakuan taber, derajat kecerahan, daya Serap Air (Cobb 60 *) dari kertas kemasan berbahan dasar kulit jagung dengan penambahan NaOH dengan proses hidrotermal. Penelitian ini menggunakan metode pemasakan dengan soda panas dengan menggunakan proses pretreatment hidrotermal dengan memvariasikan suhu proses dan waktu tunggu proses pretreatment hidrotermal, suhu dan waktu proses pulping. Semakin besar suhu dan tekanan maka terjadi kenaikan terhadap nilai pH pada 5% NaOH dan 5% NaOH dengan pretreatment. Semakin besar suhu dan tekanan maka terjadi penurunan terhadap massa padatan pada 5% NaOH dan 5% NaOH dengan pretreatment. Semakin besar tekanan dan suhu maka terjadi peningkatan terhadap nilai konsistensi pada 5% NaOH. Semakin besar tekanan dan suhu maka terjadi peningkatan terhadap nilai massa padatan pada 5% NaOH tanpa pretreatment.

Keywords

kulit jagung, hidrotermal,kertas kemasan

Full Text:

PDF

References

Ati, N.H., Puji, R., Soenarto, N., and Leenawaty, L. 2006. “The Composition and The Content of Pigments from Some Dyeing Plant for Ikat Weaving in Timorrese Regency, East Nusa Tenggara”. Indonesian Journal Chemistry 6(3):325-331.

Fagbemigun, Taiwo K., dkk. 2014. “Pulp and Paper-Making Potential of Cornhusk”. LagosNigeria International Journal of Agri Science Vol. 4(4): 209-213.

Fellows,P.J. 2000. Food Processing Technology. Principles and Practice. 2nd Ed. Woodhead Publishing Ltd., Cambridge, England.

Haygreen, J. G dan J. L Bowyer. 1986. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu Suatu Pengantar. Penerjemah Dr. Ir Sujipto A. Hadikusumo. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Miltz, J., 1992. Food Packaging in : Handbook of Food Engineering Heldman, D.R. and D.B.Lund (ed).Marcel Dekker, Inc., New York. Moldovan, B., David, L., Chişbora, C., and Cimpoiu, C. 2012. “Degradation Kinetics of Anthocyanins from European Cranberrybush (Viburnum opulus L.) Fruit Extracts. Effects of Temperature, pH and Storage Solvent”. Journal Molecules 17(10):11655-11666.

Mustafa, Ria Mariana. 2006. Studi Efektifitas Bahan Pengawet Alami dalam Pengawetan Tahu. Bogor: ITB Press.

Mutiarawati, Aulina, dkk. 2013. Penetapan Kadar Pigmen Antosianin Daun Jati (Tectona grandis L.f) sebagai Bahan Pewarna Alami Makanan dengan Spektrofotometri UV-Vis. Surakarta: Universitas Setia Budi Press.

Ningsih, Eva Rahayu. 2012. Uji Kinerja Digester pada Proses Pulping Kulit Jagung dengan Variabel Suhu dan Waktu Pemasakan. Semarang: Universitas Diponegoro Press.

Prasetyawati, Dwi Putri.2015.”Pemanfaatan Kulit Jagung dan Tongkol Jagung (Zea mays) Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Kertas Seni Dengan Penambahan Natrium Hidroksida (NaOH) dan Pewarna Alami”. Surakarta : Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : Universitas Muhammadiyah

Pujiarti, Rini, dan Kasmudjo. 2006. “Pengembangan Teknologi Pemanfaatan Hasil Hutan Berbasis Masyarakat”. Banjarbaru: Universitas Lambung Mangkurat.

Rahmawati, Suci Siska. 2015. Pemanfaatan Limbah Bulu Ayam dan Kulit Kacang Tanah sebagai Bahan Pembuatan Kertas Seni dengan Penambahan CaO dan Pewarna Alami. Surakarta: UMS Press.