Analisis Publikasi Ilmiah mengenai Prestasi Belajar Siswa melalui Pendekatan Bibliometrik dan Teknologi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Referensi
J. Marpaung, “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa,” KOPASTA J. Progr. Stud. Bimbing. Konseling, vol. 2, no. 2, Sep. 2016, doi: 10.33373/kop.v2i2.302.
S. A. Widodo, R. C. I. Prahmana, A. S. Purnami, and Turmudi, “Teaching materials of algebraic equation,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 943, p. 012017, Dec. 2017, doi: 10.1088/1742-6596/943/1/012017.
F. Pratama, F. Firman, and N. Neviyarni, “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 280–286, Dec. 2019, doi: 10.31004/edukatif.v1i3.63.
A. Nuryadin, N. Rusmana, D. A. M. Lidinillah, A. Prehanto, and S. A. Desmawati, “Kehadiran Sosial (Social Presence) dalam Pembelajaran Online: Analisis Bibliometrik terhadap Publikasi tahun 2012-2022,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 335–347, 2023.
N. J. van Eck and L. Waltman, Vosviewer: A Computer Program for Bibliometric Mapping. SSRN, 2010. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=kmDmzgEACAAJ
S. Suharno, S. Sulistiawati, and S. Arifin, “Pengaruh Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Manggar,” Numer. J., vol. 6, no. 1, pp. 166–176, 2019.
S. P. Ilham Muhammad, S. P. Fadli Agus Triansyah, M. P. Kodri, and P. Adab, Panduan Lengkap Analisis Bibliometrik dengan VOSviewer: Memahami Perkembangan dan Tren Penelitian di Era Digital. Penerbit Adab. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=tZLQEAAAQBAJ
R. Todeschini and A. Baccini, Handbook of Bibliometric Indicators: Quantitative Tools for Studying and Evaluating Research. Wiley, 2016. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=7BuACgAAQBAJ
N. Van Eck and L. Waltman, “Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping,” Scientometrics, vol. 84, no. 2, pp. 523–538, 2010.
and R. I. M. Murnaka, Nerru Pranuta and N. P. Rika Itho Manalu Murnaka, “Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa,” UNION J. Ilm. Pendidik. Mat., no. 3, pp. 317–328, 2018.
S. A. S. AlRyalat, L. W. Malkawi, and S. M. Momani, “Comparing bibliometric analysis using PubMed, Scopus, and Web of Science databases,” JoVE (Journal Vis. Exp., no. 152, p. e58494, 2019.
Adi, S. Arifin, and B. Rahman, “Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP,” IndoMath Indones. Math. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 117–126, 2019.
D. Wong, “VOSviewer,” Tech. Serv. Q., vol. 35, no. 2, pp. 219–220, 2018.
S. Arifin, I. Bayu Muktyas, and K. Iswara Sukmawati, “Product of two groups integers modulo m,n and their factor groups using python,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Mar. 2021. doi: 10.1088/1742-6596/1778/1/012026.
S. Arifin, H. Garminia, and P. Astuti, “Dimensi Valuasi dari Daerah Ideal Utama,” Pros. Semnas KPA Univ. Sanata Dharma, pp. 9–16, 2016.
A. G. Nugroho et al., Mewujudkan Kemandirian Indonesia Melalui Inovasi Dunia Pendidikan, vol. 1. Penerbit Insania, 2021.
I. H. R. U. Sembiring and I. Rohimah, Daya Saing Indonesia Di Era Globalisasi. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021.
S. M. Soraya, K. Kurjono, and I. Muhammad, “Analisis Bibliometrik: Penelitian Literasi Digital dan Hasil Belajar pada Database Scopus (2009-2023),” EDUKASIA J. Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 387–398, 2023.
I. Muhammad, F. Marchy, H. K. Rusyid, and D. Dasari, “Analisis bibliometrik: Penelitian augmented reality dalam pendidikan matematika,” JIPM (Jurnal Ilm. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, pp. 141–155, 2022.
A. Y. Rukmana, S. Supriandi, and R. Wirawan, “Penggunaan teknologi dalam pendidikan: Analisis literatur mengenai efektivitas dan implementasi,” J. Pendidik. West Sci., vol. 1, no. 07, pp. 460–472, 2023.
D. Setiawan, “Analisis potensi metaverse pada dunia pendidikan di Indonesia,” Dimensi, vol. 486, p. 497, 2022.
DOI: https://doi.org/10.36870/jvti.v6i2.362

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.