Analisis Publikasi Ilmiah mengenai Prestasi Belajar Siswa melalui Pendekatan Bibliometrik dan Teknologi

Samsul Arifin

Abstract


Pendidikan sangat berarti bagi kehidupan manusia dalam ruang lingkup pendidikan yang luas menjadi penopang bangkitnya sebuah bangsa, untuk itu kualitas pembangunan sumber daya manusia menjadi faktor utama penentu kemajuan suatu bangsa. Salah satu upaya dalam tolak ukur kualitas, yaitu dengan mengetahui tingkat kualitas siswa yang dimiliki oleh setiap lembaga pendidikan atau bangsa. Untuk meningkatkan hal tersebut, maka berbagai macam penelitian terus dilakukan yang berkaitan langsung dengan prestasi belajar siswa baik dari pengaruh metodologi pembelajaran, media ajar dan lain sebagainya. Terlepas dari seberapa banyak yang meneliti prestasi belajar dan variabel terkait penelitian yang mengukur atau memeriksa perkembangan tersebut masih sangat terbatas sedangkan kebutuhan akan tantangan pendidikan harus dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengukur sejauh mana perkembangan penelitian tentang prestasi belajar siswa dari tahun 2023-2024, dan menemukan keterbaruan. Penelitian ini menggunakan metode analisis bibliometrik yang mengambil metadata dari Scopus sebanyak 1.800 metadata. Hasil dari proses analisis menunjukkan ada 1.803 penulis yang terhimpun dalam penelitian yang terkait, namun dalam penelitiannya tidak begitu banyak hubungan antar penulis satu dengan yang lainnya, hanya sebagian yang menerbitkan jurnal lebih dari 5 yaitu 2 orang penulis dengan jumlah terbitan sebanyak 7 dokumen. Adapun asal negara yang paling dominan adalah United States. Kemudian kata kunci yang paling banyak terkait adalah human, academic achievement, students, motivation, gender, literacy, highschool, knowledge dan artikel yang paling banyak dikutip adalah milik Bai B,; Wang J. Yang terbit tahun 2023

Keywords


prestasi belajar siswa, analisis bibliometrik, metodologi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Referensi

J. Marpaung, “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa,” KOPASTA J. Progr. Stud. Bimbing. Konseling, vol. 2, no. 2, Sep. 2016, doi: 10.33373/kop.v2i2.302.

S. A. Widodo, R. C. I. Prahmana, A. S. Purnami, and Turmudi, “Teaching materials of algebraic equation,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 943, p. 012017, Dec. 2017, doi: 10.1088/1742-6596/943/1/012017.

F. Pratama, F. Firman, and N. Neviyarni, “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 280–286, Dec. 2019, doi: 10.31004/edukatif.v1i3.63.

A. Nuryadin, N. Rusmana, D. A. M. Lidinillah, A. Prehanto, and S. A. Desmawati, “Kehadiran Sosial (Social Presence) dalam Pembelajaran Online: Analisis Bibliometrik terhadap Publikasi tahun 2012-2022,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 335–347, 2023.

N. J. van Eck and L. Waltman, Vosviewer: A Computer Program for Bibliometric Mapping. SSRN, 2010. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=kmDmzgEACAAJ

S. Suharno, S. Sulistiawati, and S. Arifin, “Pengaruh Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Manggar,” Numer. J., vol. 6, no. 1, pp. 166–176, 2019.

S. P. Ilham Muhammad, S. P. Fadli Agus Triansyah, M. P. Kodri, and P. Adab, Panduan Lengkap Analisis Bibliometrik dengan VOSviewer: Memahami Perkembangan dan Tren Penelitian di Era Digital. Penerbit Adab. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=tZLQEAAAQBAJ

R. Todeschini and A. Baccini, Handbook of Bibliometric Indicators: Quantitative Tools for Studying and Evaluating Research. Wiley, 2016. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=7BuACgAAQBAJ

N. Van Eck and L. Waltman, “Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping,” Scientometrics, vol. 84, no. 2, pp. 523–538, 2010.

and R. I. M. Murnaka, Nerru Pranuta and N. P. Rika Itho Manalu Murnaka, “Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa,” UNION J. Ilm. Pendidik. Mat., no. 3, pp. 317–328, 2018.

S. A. S. AlRyalat, L. W. Malkawi, and S. M. Momani, “Comparing bibliometric analysis using PubMed, Scopus, and Web of Science databases,” JoVE (Journal Vis. Exp., no. 152, p. e58494, 2019.

Adi, S. Arifin, and B. Rahman, “Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP,” IndoMath Indones. Math. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 117–126, 2019.

D. Wong, “VOSviewer,” Tech. Serv. Q., vol. 35, no. 2, pp. 219–220, 2018.

S. Arifin, I. Bayu Muktyas, and K. Iswara Sukmawati, “Product of two groups integers modulo m,n and their factor groups using python,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Mar. 2021. doi: 10.1088/1742-6596/1778/1/012026.

S. Arifin, H. Garminia, and P. Astuti, “Dimensi Valuasi dari Daerah Ideal Utama,” Pros. Semnas KPA Univ. Sanata Dharma, pp. 9–16, 2016.

A. G. Nugroho et al., Mewujudkan Kemandirian Indonesia Melalui Inovasi Dunia Pendidikan, vol. 1. Penerbit Insania, 2021.

I. H. R. U. Sembiring and I. Rohimah, Daya Saing Indonesia Di Era Globalisasi. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021.

S. M. Soraya, K. Kurjono, and I. Muhammad, “Analisis Bibliometrik: Penelitian Literasi Digital dan Hasil Belajar pada Database Scopus (2009-2023),” EDUKASIA J. Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 387–398, 2023.

I. Muhammad, F. Marchy, H. K. Rusyid, and D. Dasari, “Analisis bibliometrik: Penelitian augmented reality dalam pendidikan matematika,” JIPM (Jurnal Ilm. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, pp. 141–155, 2022.

A. Y. Rukmana, S. Supriandi, and R. Wirawan, “Penggunaan teknologi dalam pendidikan: Analisis literatur mengenai efektivitas dan implementasi,” J. Pendidik. West Sci., vol. 1, no. 07, pp. 460–472, 2023.

D. Setiawan, “Analisis potensi metaverse pada dunia pendidikan di Indonesia,” Dimensi, vol. 486, p. 497, 2022.




DOI: https://doi.org/10.36870/jvti.v6i2.362

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

POSKOBET

POSKOBET

POSTOTO787

POSTOTO787

EMAS787

EMAS787

Slot thailand

SUNDA787

Bandar Togel

ASIABET777

ASIABET777

https://mega888slots.com

https://www.thecarecommunity.com

https://dikporanganjuk.org

https://dikporapapua.org